Berikut Artikel Kesehatan Tentang Manfaat Jagung Bagi Tubuh

01.55

Kandungan nutrisi sehat seperti serat, vitamin dan mineral yang terdapat pada jagung sangat bermanfaat bagi tubuh. Dalam hal ini, aplikasi SehatQ banyak menyediakan berbagai artikel yang dapat anda pelajari. Salah satunya adalah manfaat jagung bagi kesehatan tubuh. Yuk simak selengkapnya disini.

Beberapa Manfaat Jagung Untuk Tubuh
1. Menjaga Kesehatan Mata
Banyaknya kandungan nutrisi yang dimiliki oleh jagung juga terdapat zat yang berfungsi sebagai molekul antioksidan. Dalam hal ini, zat gizi seperti zeaxanthin dan lutein yang terkandung dalam jagung dapat menjadi molekul antioksidan yang mampu meningkatkan kesehatan mata anda.


Begitu pula, zat gizi seperti zeaxanthin dan lutein ini pada dasarnya terletak pada mata manusia, khususnya pada bagian retina. Tentunya, molekul ini dapat berfungsi sebagai pelindung sinar biru yang dapat memicu tekanan karena kerusakan oksidatif. Oleh karena itu, mengkonsumsi jagung dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.


2. Mencegah Penyakit Divertikular
Selain itu, jagung juga bisa bermanfaat untuk mengatasi penyakit divertikular. Penyakit ini merupakan pencernaan yang terjadi pada perut dan ditandai dengan kantong-kantong kecil atau divertikular pada usus besar. Akibatnya, penyakit ini dapat memicu kram dan kembung hingga berujung pendarahan dan infeksi.


Dalam pengujian tentang manfaat jagung yang diberikan kepada 47 ribu responden, sebagian orang yang mengkonsumsi jagung dalam bentuk popcorn memiliki risiko yang lebih kecil untuk terjangkit penyakit ini. Jika anda tertarik tentang informasi ini, anda juga bisa mengunjungi aplikasi SehatQ untuk mendapatkan informasi lain dan berkonsultasi dengan dokter.


3. Mencegah Konstipasi
Kandungan gizi seperti sehat yang terdapat pada jagung juga memiliki fungsi untuk membantu sistem pencernaan. Dalam hal ini, kandungan serat pangan yang dimiliki oleh jagung dapat membantu pencernaan tubuh untuk mengatasi terjadinya konstipasi maupun sembelit. Bahkan, jagung juga dipercaya oleh beberapa ahli dapat membantu orang yang mengkonsumsi menjadi hidup lebih lama.


Meski demikian, kandungan serat yang dimiliki oleh jagung tidak bisa memenuhi semua kebutuhan serat yang diperlukan oleh tubuh. Tentunya, anda juga perlu mengkonsumsi nutrisi kainnya seperti buah-buahan dan sayur untuk mendapatkan kebutuhan nutrisi tubuh yang seimbang. Bahkan, anda juga bisa melakukan konsultasi terkait kebutuhan nutrisi di aplikasi SehatQ.


4. Aman Untuk Dikonsumsi Penderita Celiac
Selain itu, jagung juga dapat digunakan sebagai makanan sereal untuk seseorang yang sedang menderita celiac. Dalam hal ini, celiac merupakan suatu penyakit berupa gangguan autoimun. Hal ini menyebabkan seseorang tersebut tidak bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung gluten karena dapat merusak usus kecil.


Dalam hal ini, jagung adalah salah satu makanan yang direkomendasikan karena bebas dari kandungan gluten. Meski demikian, jagung juga tidak baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.  Dalam hal ini, jagung memiliki banyak kandungan starch yang bisa meningkatkan gula darah pada tubuh.


Hal ini tentu sangat tidak cocok untuk beberapa individu yang menderita diabetes tipe 2. Oleh karena itu, mengkonsumsi jagung sebaiknya dilakukan dengan cara mengkonsumsi berbagai makanan lainnya. Begitu pula, berbagai jenis makanan yang dikonsumsi akan bermanfaat untuk menyeimbangkan nutrisi tubuh. Untuk memahami hal ini, anda juga bisa membaca artikel kesehatan terkait.


Jagung merupakan sejenis makanan yang dapat membantu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh anda. Namun, pemenuhan kebutuhan nutrisi juga sebaiknya perlu dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang lainnya, seperti sayur, buah, kacang-kacangan dan biji-bijian. Anda juga bisa memahami berbagai nutrisi untuk kebutuhan tubuh dengan berkonsultasi dengan dokter.

Artikel Terkait

Latest
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda