4 Penyebab Sariawan dan Cara Mengatasinya Dengan Cepat

20.09

Stomatitis aphtosa atau yang lebih dikenal dengan sebutan sariawan merupakan peradangan di area bibir dan mulut yang dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan sakit. Sariawan sering kali dianggap remeh, namun dapat mengganggu penderita saat minum, makan bahkan berbicara. 


Sariawan bisa muncul di bagian mana pun di area mulut, mulai dari bibir, lidah, gusi dan pipi bagian dalam. Bentuknya yang oval atau bulat juga bisa memiliki ukuran dan jumlah yang bervariasi. Jika ingin lebih cepat pulih, Anda bisa menggunakan obat sariawan seperti Aloclair Plus atau hindari penyebab sariawan berikut. 

Penyebab Timbulnya Sariawan dan Cara Mengatasinya
1.    Disebabkan Bakteri
Ketika ada jamur di mulut, artinya ada infeksi dari Jamur Candida di membran yang ada di mulut. Pemicunya adalah berupa jamur Candida Albicans, Candida Tropicalis atau Candida Glabrata.
Masalah tersebut umumnya bisa diatasi dengan cara dan pengobatan tertentu. Namun, belum tentu pengobatan yang diterpakan sudah tepat dan aman. Maka dari itu, penting untuk mengetahui terlebih dahulu gejalanya.


Selain itu, ada juga infeksi bakteri yang bisa terjadi pada area mulut seperti Helicobacter pylori, yaitu jenis bakteri yang dapat menyebabkan infeksi pada lambung. Terkadang bakteri tersebut bisa terbawa ke mulut serta membuatnya berkembang dan meradang dan memicu sariawan. 


Sebenarnya luka bisa saja sembuh dengan sendirinya dalam hitungan satu hingga dua minggu. Namun rasa nyeri dan perihnya kerap kali menyakitkan penderita. Untuk itu Anda bisa menggunakan obat sariawan seperti Aloclair Plus. 


2.    Menyikat Gigi yang Terlalu Keras
Menyikat gigi terlalu keras bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya sariawan pada area mulut. Pasalnya, saat Anda menyikat gigi terlalu keras menggunakan sikat gigi yang berbulu sikat kasar dapat melukai gusi di permukaan dinding mulut. Luka inilah yang menyebabkan sariawan. 


Kendati demikian, sebaiknya Anda menyikat gigi menggunakan sikat berbulu halus dan tidak terlalu menekan saat membersihkan gigi. Selain itu, anda bisa menggunakan benang gigi untuk membersihkan sisa makanan yang ada di sela gigi. 


3.    Kebersihan Mulut yang Kurang Dijaga
Sariawan bisa muncul karena kurang terjaganya kebersihan gigi dan mulut. Hal tersebut dapat menyebabkan berbagai kuman bersarang di area mulut hingga menyebabkan iritasi. Sariawan dapat timbul ketika infeksi bakteri ini menimbulkan peradangan pada rongga mulut. 


Untuk mengatasinya cukup mudah, Anda bisa menggunakan obat sariawan seperti Aloclair Plus. Namun, jika dirasa masih belum parah, Anda hanya perlu untuk selalu menyikat gigi secara rutin agar infeksi yang ada di mulut tidak menyebar dan menjadi sariawan. 


4.    Rasa Cemas yang Berlebihan dan Stres
Perasaan cemas berlebihan dan stres sering kali terjadi dan tidak disadari. Hal tersebut dapat menimbulkan munculnya sariawan dengan mudah. Tidak hanya beban emosional saja, beban fisik juga bisa menyebabkan tubuh kelelahan dan dapat memicu sariawan. 


Selain faktor tersebut, sariawan bisa muncul akibat kondisi medis tertentu yang mengindikasikan penyakit lainnya seperti penyakit Celiac, penyakit Crohnm dan penyakit sistem kekebalan tubuh lainnya. 


Maka dari itu, penting untuk menjaga kesehatan pada mulut dan mengobatinya secara tepat jika sudah terinfeksi. Menggunakan obat sariawan seperti Aloclair Plus dapat mempercepat sembuhnya peradangan. 


Itulah beberapa penyebab yang bisa memicu tumbuhnya sariawan. Bakteri menjadi salah satu faktor terbesar yang dapat menimbulkan luka pada area mulut. Untuk itu perlu adanya pengobatan secara cepat dengan menggunakan obat sariawan berbahan dasar alami dan aman.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda