Teknik Photography Dan Video Untuk Pemula

15.12
Bagi para eksister di media sosial, harus mempunyai kemampuan photography dan video https://fastwork.id/photography-video yang bagus untuk menghasilkan foto dan video berkualitas. Bukanlah hal yang sepele jika ingin menghasilkan foto dan video berkualitas, perlu kemampuan serta teknik jitu untuk mendapatkan jepretan dan shot kamera yang menarik. Selain melihat keadaan, medan serta pencahayaan, anda juga perlu menerapkan trik-trik jitu untuk mendapatkan sudut foto yang menarik. Selengkapnya, berikut merupakan teknik jitu untuk menjadikan foto dan video menjadi lebih menarik untuk pemula,


Teknik Photography Dan Video Yang Mudah Diterapkan Untuk Pemula
1. Jaga Kamera Agar Stabil
Dengan keadaan kamera yang stabil pada saat pengambilan video, akan memperkecil kemungkinan hasil video anda memiliki kesan amatir. Banyaknya goncangan di video bisa menjadi hal yang kurang nyaman jika dipertontonkan di media sosial. Kamera yang stabil juga dianjurkan untuk anda yang ingin membidik gambar lebih jernih. Jika kamera dalam keadaan kurang stabil, bisa jadi hasil jepretan anda memiliki banyak noise, membuat hasil foto sedikit buram dan kurang jelas. Anda bisa menggunakan tripod jika ingin mengambil gambar dihadapan atau memanfaatkan tongsis dengan menahan kakinya di bagian perut jika ingin mengambil gambar dokumenter close up ke arah muka.

2. Cari Cahaya Yang Tepat
Teknik dasar photography dan video adalah dengan memperhatikan pencahayaan di sekitar objek jepretan. Dengan pencahayaan yang kurang tepat, bisa membuat foto atau video yang dihasilkan kurang menarik. Hindari juga area yang membelakangi cahaya jika ingin memiliki foto yang jelas dan terang. Meskipun beberapa kamera saat ini memiliki fitur untuk mengurangi pencahayaan yang kurang baik, namun foto dengan penggunaan fitur ini biasanya terkesan kurang natural. Jika cahaya kurang tepat anda bisa berpindah angle untuk menemukan pencahayaan yang tepat.

3. Hindari Penggunaan Zoom
Untuk menghasilkan photography dan video yang baik dan berkualitas, maka hindari pemakaian zoom yang berlebih. Kebanyakan menggunakan zoom akan menampilkan kesan amatir pada video. Jika memang fitur zoom dibutuhkan, lakukanlah zooming secara perlahan dan stabil, agar video terlihat lebih halus dan baik. Teknik zoom secara manual ataupun optikal secara berlebihan juga bisa merusak kualitas video, apalagi kalau anda menggunakan kamera smartphone yang kurang stabil.

4. Jangan Banyak-Banyak Menggunakan Efek
Penggunakan efek pada photography dan video memang diperlukan untuk menampilkan foto dan video yang lebih menarik dan variatif. Namun, apabila kita menggunakannya terlalu sering, bisa jadi membuat video malah terkesan medok atau kurang natural. Apalagi untuk anda yang tengah mendokumentasikan keindahan alam, pastikan untuk tidak menggunakan efek apapun untuk menghasilkan suasana foto yang alami. Anda bisa menyiasatinya dengan berubah sudut pengambilan atau pemotretan untuk menemukan suasana, cahaya serta spot yang indah.

5. Angle Berbeda Agar Video Lebih Variatif
Seperti yang diterangkan sebelumnya, untuk menampilkan variasi pada video tidak perlu menggunakan efek yang mengganggu. Anda hanya perlu melakukan shoot ke beberapa sudut atau angle yang berbeda-beda. Video dengan angle yang berpindah-pindah bisa membuat video berdurasi panjang tidak membosankan. Tapi perhatikan juga komposisi gambar serta cahaya yang didapatkan kamera agar video tetap berkualitas baik.

Itulah beberapa informasi mengenai teknik photography dan video yang mudah diterapkan oleh pemula. Dengan teknik diatas, pasti foto dan video akan lebih menarik, meskipun resolusi atau perangkat yang digunakan tidak memiliki kecanggihan tinggi. Bagian tersusah dari teknik fotografi adalah menemukan angle dan sudut yang memiliki komposisi yang menarik. Namun, lambat laun anda bisa menemukan feeling tersendiri untuk bisa membidik gambar dengan komposisi menarik.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda