Apa itu ABS? dan Cara Kerjanya Pada Motor Yamaha

07.55
Apa itu ABS? dan Cara Kerjanya Pada Motor Yamaha. Perkembangan teknologi di dunia otomotif sangat pesat, hal ini terbukti dari banyaknya teknologi teknologi baru yang dibuat mulai dari A sampai Z. Salah satu teknologi yang sangat bermanfaat bagi kita pemilik kendaraan baik sepeda motor maupun mobil adalah teknologi abs.

Teknologi ABS (anti-lock braking system) adalah teknologi yang dibuat dan dikembangkan dan difokuskan pada sistem pengereman. Fungsi utama dari sistem ABS adalah untuk mengatur aliran cairan rem yang disalurkan ke setiap sumbu drive yang diatur oleh sistem komputer / ECU. Ketika sebuah kendaraan, baik sepeda motor dan mobil, mempercepat dan tiba-tiba mengerem keras, dapat dipastikan bahwa mobil atau sepeda motor tidak akan tergelincir.

Berbeda halnya dengan kendaraan yang tidak didukung oleh teknologi ABS. Ketika bergerak cepat dan pada rem tiba-tiba roda kendaraan akan terkunci, dan kecepatan secara otomatis akan sulit dikendalikan. Selain ABS ini, ketika kendaraan berputar, terutama mobil, sistem juga dapat mendeteksi bagian roda mana yang harus diberi pengereman penuh dan mana yang tidak.

Teknologi ABS ini akan berfungsi jika mobil atau sepeda motor berjalan cepat kemudian pada rem tiba-tiba, maka sensor sensor ABS yang terletak pada sumbu roda memberikan sinyal ke komputer. Maka sistem komputer akan menganalisanya melalui sinyal sinyal. Jika komputer telah mendeteksi bahwa ada roda yang akan terkunci, Komputer akan menutup katup aliran cairan rem yang mengarah ke roda sehingga ban tidak terkunci.

Bagaimana Cara Kerja ABS Pada Motor Yamaha?
Sesaat kemudian komputer akan melepaskan katup lagi sehingga fungsi pengereman kembali dan seterusnya. Proses ini terjadi sangat cepat dan jika dihitung dalam 1 detik sistem dapat melakukan ini selama 15 hingga 20 kali prosesnya.

Karena teknologi ini sangat rumit, kendaraan yang dilengkapi dengan ABS juga sedikit lebih mahal daripada yang tidak menggunakan ABS. Untuk sepeda motor, sistem pengereman ABS di pasaran dijual seharga 5 hingga 6 juta. Sedangkan untuk mobil harga 1 unit ABS bisa mencapai 25 juta ke atas.

Secara sederhana, ABS tersedia untuk menghindari kaliper yang mengunci disk, yang menyebabkan motor tergelincir atau tergelincir. ABS bekerja dengan melepaskan pegangan pada disk secara teratur, sehingga kaliper tidak mengunci disk atau cakram.

Anti-Lock Braking System menggunakan sensor untuk membaca seberapa cepat roda depan dan belakang berputar, kemudian menghitung traksi yang diberikan.

Keuntungan dari sepeda motor dengan rem ABS adalah bahwa kendaraan dapat berhenti lebih cepat dan menghindari selip atau tergelincir, ketika trek basah. Nah, rem ABS (Anti-Lock Braking System) ternyata sangat berguna dan mampu meningkatkan keamanan sistem pengereman sepeda motor
Rem ABS yang telah ditetapkan untuk mencegah roda terkunci saat pengereman. Sebelum roda akan dikunci, sensor kecepatan mengirimkan sinyal ke rem modul ABS / pengontrol. Di sana pengontrol akan memproses data dan segera menginstruksikan katup untuk mengambil posisi terbuka penuh. Setengah atau tertutup untuk mengatur cairan rem.

Setelah kecepatan ban terdeteksi secara normal. Pengontrol kembali menginstruksikan katup untuk membuka sepenuhnya sehingga tekanan fluida rem kembali dan dapat diteruskan ke rem.
Nah setelah membaca artikel di atas, semoga Anda yang saat ini mencari informasi tentang fungsi dan kegunaan ABS (anti-lock braking system) dapat tercerahkan. Selalu sadar mengemudi dan pertahankan kecepatan Anda.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda